Perjalanan sel sehat

Tubuh manusia terdiri dari trilyunan sel hidup. Sel tubuh yang normal tumbuh, berkembang dan mati dalam urutan yang semestinya. Sel-sel tubuh ini berkembang lebih cepat yang memungkinkan orang tumbuh. Setelah dewasa, sel-sel tubuh hanya berkembang untuk mengantikan sel-sel yang mati atau memperbaiki luka-luka.

 

Ketika sel mengalami perubahan tidak normal (mutasi)

Sel normal berubah menjadi sel kanker karena adanya kerusakan DNA (deoxyribonucleic acid). DNA yang ada dalam setiap sel memerintahkan sel untuk terus tumbuh. Sel yang seharusnya mati, terus tumbuh dan membentuk sel baru yang tidak normal. Sel kanker juga bisa tumbuh pada jaringan tubuh lain, kemampuan yang tidak dimiliki oleh sel normal.

DNA yang tidak normal bisa diwariskan dari orangtua ke anak, namun dalam kebanyakan kasus, DNA yang rusak disebabkan oleh kesalahan yang terjadi ketika sel normal sedang melakukan reproduksi atau oleh sesuatu dari lingkungan. Terkadang, penyebab kerusakan DNA adalah sesuatu hal yang dilakukan seperti kebiasaan merokok atau terpapar sinar matahari secara berlebihan. Namun demikian, sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker.

Dalam banyak kasus, sel kanker membentuk tumor. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah.

Kemana pun kanker menyebar, jenis penyakitnya akan disebut sesuai dengan asal dimana sel ini mulai tumbuh. Sebagai contoh, kanker payudara yang sudah menyebar ke hati akan disebut kanker payudara metastatik dan bukan kanker hati. Sama halnya dengan kanker prostat yang menyebar ke tulang, akan disebut kanker prostat metastatik dan bukan kanker tulang.

Jenis-jenis kanker yang berbeda memiliki periaku yang berbeda juga sehingga masing-masing membutuhkan pengobatan yang berbeda. 

REFERENSI
  1. National Cancer Institute. What is cancer?  http://www.cancer.org/cancer/cancerbasics/what-is-cancer
  2. National Cancer Institute. What You Need to Know  http://www.cancer.gov/cancertopics/wyntk/cancer/page3

OTH/OTH/Q3/14/35