Dukungan Mobil Mammografi untuk Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2016



Jakarta, 18 November 2016 – Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 2016, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengadakan “Pameran Pembangunan Kesehatan” di JIExpo Kemayoran pada tanggal 18-20 November 2016. Roche Indonesia bersama-sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mendukung kegiatan ini dengan menyediakan mobil mammografi bagi masyarakat yang ingin melakukan deteksi dini kanker payudara secara gratis pada tanggal 18-19 November 2016.





Pameran resmi dibuka oleh Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dede Yusuf; Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K); Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani; dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Seusai sambutan, mereka melakukan peninjauan pameran, termasuk ke mobil mammografi.

 


Ibu Menteri Kesehatan RI menyatakan bahwa Indonesia sedang mengalami transisi epidemiologi. Penyakit tidak menular (PTM) sebagai akibat kematian, meningkat dari 37% menjadi 57% dalam 25 tahun terakhir dan saat ini telah menjadi penyebab utama kematian. Beberapa jenis PTM adalah stroke, hipertensi, kanker, diabetes, kardiovaskular dan masih banyak lagi. Beliau memprediksi tren ini akan berlanjut seiring dengan meningkatnya gaya hidup tidak sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, makan dengan gizi tidak seimbang, serta merokok. Oleh karena itu, Kemenkes RI meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan mempromosikan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini PTM. Mammografi adalah salah satu metode deteksi dini kanker payudara.





Dukungan ini adalah bagian dari kampanye kesadaran kanker payudara “Mari SADARI” serta rangkaian kegiatan di bawah payung besar kampanye “Kalahkan Kanker”. Dibentuk dan diluncurkan pada September 2015 di bawah Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Kesehatan dan Roche Indonesia dalam rangka percepatan pencapaian Sustainable Development Goals di bidang kesehatan, “Kalahkan Kanker” menyasar penyebaran informasi mengenai kanker dan mengampanyekan deteksi dini kepada publik melalui usaha-usaha promotif dan preventif. Roche Indonesia berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat awam mengenai kanker dan mempromosikan deteksi dini kanker.



OTH/OTH/Q1/17/14